Muncul Ormas Mirip TNI, Ini Respon TEGAS Kodam I/Bukit Barisan.!

Beberapa hari ini muncul sejumlah foto salah satu organisasi masyarakat (ormas) yang pakaian dan seragamnya mirip dengan atribut Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Beberapa pria yang konon tergabung dalam ormas Perintis Kemerdekaan Indonesia (PKRI) dan Penerus Pejuang Perintis Kemerdekaan Indonesia (PPKRI) tampak berfoto menggunakan baret lengkap mirip TNI.

Menyikapi beredarnya foto anggota ormas beratribut mirip TNI ini, Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Edi Hartono, mengimbau seluruh masyarakat, khususnya di Sumatera Utara, lebih berhati-hati agar tidak mudah tertipu.

Biasanya, kata Edi, ormas-ormas yang atributnya mirip TNI kerap menyalahgunakan penampilannya untuk menipu masyarakat.

"Kepada masyarakat, jika melihat ada orang yang mengenakan atribut mirip TNI sebaiknya diyakinkan betul-betul apakah dia itu benar anggota atau bukan. Jangan sampai masyarakat terkecoh karena seragam yang hampir sama persis," ungkap Edi kepada Tribun Medan, Selasa (18/7/2017).

Edi mengatakan, ormas yang menggunakan atribut mirip TNI sangat mudah sekali mengecoh masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil.

Dari kejauhan, kata Edi, memang seragam ormas PKRI dan PPKRI itu sangat mirip sekali dengan atribut TNI.
"Kalau personel Kodam itu kan jelas. Di baju dinasnya ada logo Kodam dan tempat kesatuannya masing-masing," ungkap Edi.

Ia meminta kepada semua ormas untuk tidak meniru-niru pakaian maupun seragam TNI. Masih banyak warna atau identitas lain yang bisa digunakan ormas untuk mengembangkan organisasinya.

"Enggak usahlah pakai-pakai atribut yang mirip TNI. Saya rasa, masih banyak warna lain yang bisa digunakan sebagai ciri satu organisasi," beber dia.

Di media sosial, foto anggota PKRI dan PPKRI sempat dikaitkan dengan salah satu kader partai tertentu yang baru saja mengikuti kegiatan bela negara.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopral Besar BAGYO, Prajurit "TERKUAT TNI" yang 20 Tahun Menolak Naik Pangkat!

GILA.! Inilah Cara Kopral Bagyo Kuat 15 Menit DIPUKULI Tentara 1 Kompi,!

Perbandingan Militer INDONESIA dan ISRAEL. Hasilnya Sungguh di Luar Dugaan!